Beranda | Artikel
Aku Ingin Berubah (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Kamis, 5 Oktober 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah: Aku Ingin Berubah

Allah mengatakan tentang kisah orang yang hafal Taurat, bernama Bal’am. Allah mengatakan:

وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ الَّذِي آتَيْنَاهُ آيَاتِنَا فَانسَلَخَ مِنْهَا فَأَتْبَعَهُ الشَّيْطَانُ فَكَانَ مِنَ الْغَاوِينَ ﴿١٧٥﴾ وَلَوْ شِئْنَا لَرَفَعْنَاهُ بِهَا وَلَـٰكِنَّهُ أَخْلَدَ إِلَى الْأَرْضِ وَاتَّبَعَ هَوَاهُ ۚ … ﴿١٧٦﴾ – ﴿الأعراف : ١٧٥-١٧٦﴾

“Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah Kami berikan kepadanya ayat-ayat Kami (pengetahuan tentang isi Al-Kitab), kemudian dia melepaskan diri dari pada ayat-ayat itu, lalu dia diikuti oleh setan (sampai dia tergoda), maka jadilah dia termasuk orang-orang yang sesat. (175) Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, …” (QS Al-A’raf [7]: 175-176)

Lalu bagaimana supaya kita terus berubah? Ketahuilah saudaraku, modal utama Anda adalah keinginan dulu. Kalau Anda tidak punya keinginan berubah, (maka) sulit untuk berubah. Tetapi kalau Anda sudah ada keinginan, maka kuatkanlah keinginanmu. Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, (bahwa) manusia itu mempunyai dua kekuatan. Yang pertama, kekuatan keinginan (قوة الإرادة). Yang kedua, kekuatan pengetahuan (قوة العلم).

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Yahya Badrusalam – Aku Ingin Berubah



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/27955-aku-ingin-berubah-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/